Pages

Kamis, 16 Juni 2011

Ingin Operasi Plastik Jangan Abaikan Ini

Operasi plastik atau bedah kosmetik mungkin menjadi cara termudah untuk mengubah atau memperbaiki penampilan. Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum melakukan operasi plastik.

Seperti halnya operasi kesehatan lain, maka operasi plastik juga memiliki risiko atau syarat tertentu yang penting untuk diperhatikan. Operasi plastik adalah mengubah bagian-bagian tubuh yang berfungsi secara normal tapi terlihat tidak seperti yang diharapkan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan operasi plastik, seperti dikutip dari MayoClinic, Jumat (17/6/2011) yaitu:

1. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan operasi plastik terbilang besar tergantung dari prosedur yang akan dilakukan, serta pertimbangkan pula biaya perawatan lanjutan atau prosedur perbaikan tambahan.

2. Pertimbangkan risiko atau komplikasi yang mungkin ditimbulkan dari operasi plastik seperti perdarahan yang berlebihan atau infeksi pada lokasi (luka) bedah.

3. Setelah operasi plastik mungkin perlu beberapa hari, minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk pulih. Untuk itu pahami efek fisik yang mungkin terjadi serta apakah bisa mempengaruhi kehidupan pribadi dan kerja atau tidak.

4. Setelah operasi plastik mungkin bisa memperbaiki harga diri menjadi lebih baik, tapi prosedur ini tidak bisa meringankan depresi atau kondisi kesehatan mental yang mendasarinya.

5. Carilah ahli bedah yang berkualitas dan memiliki sertifikat khusus, dan jika prosedur yang dilakukan perlu anestesi umum maka pastikan obat yang digunakan tidak menimbulkan alergi.

6. Lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendiskusikan keinginan dan harapan serta riwayat kesehatan yang dimiliki. Selama konsultasi cobalah tanyakan mengenai hasil yang akan didapat, bisakah dicapai dengan melakukan 1 kali operasi, adakah pilihan operasi lain, apa jenis anestesi yang digunakan, apakah harus dirawat di rumah sakit, apa perawatan tindak lanjut yang diperlukan, berapa biayanya dan seberapa sering perlu dikontrol.

Pastikan Anda merasa nyaman dengan ahli bedah yang dipilih dan berkomitmen dengan pengobatan yang dipilih, serta lakukan kontrol secara teratur untuk menghindari efek samping yang mungkin timbul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar