Pages

Jumat, 03 Juni 2011

Politikus, Birokrat & Pengusaha Jadi 'Trio Macan' Koruptor

Korupsi kian membuncah di Indonesia. Berbagai survei dan jajak pendapat menunjukkan Indonesia sering mendapat nilai merah dalam hal korupsi. Tiga elemen penting dinilai sebagai momok munculnya para koruptor itu.
"Menurut kajian kami yang menjadi sumber pokok korupsi politik ada pada politikus, pengusaha dan birokrat. Mereka menjadi trio macan korupsi," kata Kepala Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW, Ade Irawan.
Hal itu disampaikan dalam diskusi bertajuk 'Indonesiaku dibelenggu Koruptor', di RM warung Daun, Jl Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan, Sabtu (4/6/2011).Ade juga mengatakan rapor korupsi Indonesia selalu memprihatinkan. Indonesia selalu menjadi jawara sebagai negara paling korup di Asia Tenggara."Menurut kajian yang kami lakukan selama tahun 2010 ada 700 kasus korupsi yang melibatkan ribuan aktor mulai tingkat pusat hingga ke daerah. Kerugian negara akibat korupsi itu hingga Rp 5 triliun lebih," terangnya.Bila melihat peta korupsi, lanjut Ade, korupsi dilakukan dari hulu hingga hilir. Riset yang dilakukan ICW menunjukkan dua bagian penting dari masyarakat, pendidikan dan keagamaan telah tergerogoti korupsi."Kami telah meriset pendidikan dan keagamaan juga terjangkiti korupsi. Di sekolah, kepala sekolah jadi aktor utama koruptor. Saya lulusan pesantren dan kyai saya bercerita bantuan yang didapatnya juga dipangkas atas alasan infaq. Kalau kedua tempat itu sudah diracuni korupsi kita belajar dari mana lagi,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar