Pages

Minggu, 19 Juni 2011

olahraga di meja kantor

Sebagian besar orang mengaku tidak punya waktu untuk berolahraga. Padahal selalu ada kesempatan untuk bergerak dan menciptakan latihan di mana saja termasuk di sekitar meja kerja.

Keluhan paling umum yang diungkapkan pekerja kantoran adalah sibuk bekerja sehingga memiliki waktu yang kurang untuk berolahraga. Jika waktu memang diketahui sebagai halangan terbesar orang untuk berolahraga, maka sebisa mungkin ciptakan olahraga disela-sela kesibukan.

Berikut ini ada 5 latihan yang bisa dilakukan di kantor tapi tetap efektif dan menyenangkan, seperti dikutip dari Askmen, Kamis (16/6/2011) yaitu:

1. Office chair squat
Latihan sederhana ini bisa menjadi salah satu gerakan yang efektif untuk memperkuat badan. Mulailah berdiri tegak dengan bahu santai dan angkat jari-jari kaki diangkat sedikit ke atas dengan tumit tetap menyentuh lantai. Sambil menjaga punggung tetap lurus sempurna, turunkan bokong hingga 1 inci (2,54 cm) mendekati kursi dan tahan posisi ini selama 10 detik.

Tapi ingat untuk menjaga agar lutut tidak terlalu dekat dengan jari-jari kaki agar sendi lutut tidak stres, dan bokong harus menajadi otot yang pertama kali terangkat saat ingin kembali berdiri.


2. Desk press
Latihan ini akan memperkuat bagian atas dan tengah tubuh. Posisi tubuh berdiri menjauh beberapa cm dari meja, lalu buat posisi seperti push up berdiri lalu condongkan tubuh bagian atas ke depan dengan siku berada pada sudut 90 derajat dan tangan menempel di meja. Tahan posisi tersebut sambil memajukan salah satu lutut secara bergantian diikuti dengan 5 kali push up. Ulangi hingga 3-4 kali pengulangan.

3. Business flight
Latihan ini menargetkan bagian tubuh yang biasanya terganggu saat bekerja di meja, khususnya paha belakang dan punggung tengah. Mulailah dengan berdiri lalu membungkuk ke depan sambil berdiri dengan satu kaki dengan menggunakan pinggul sebagai pusat, dan kaki lainnya ditarik ke belakang sehingga posisi dada sejajar dengan lantai.

Tahan posisi ini selama 3 detik kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan latihan ini selama 1 menit sebelum beralih ke kaki yang lain dan mengulanginya.







4. Victory
Gunakan latihan ini untuk membantu meluruskan dan mengaktifkan pusat tubuh serta otot yang penting untuk postur badan. Mulailah dengan posisi duduk sempurna, bernapas, memanjangkan atau meluruskan tulang punggung dengan kaki sedikit terbuka. Tahan posisi ini sambil mencondongkan dada ke depan dengan posisi lengan lurus ke atas seperti ingin mendorong benda di atas kepala.

5. Office hip hiker
Latihan ini bisa memberikan sedikit bantuan pada punggung bagian bawah. Mulailah dengan duduk tegak, lalu angkat satu telapak kaki seperti berjinjit lalu kembali ke posisi semula dan ulang untuk sisi lainnya. Lalu lakukan gerakan dengan menggoyangkan pinggul dari satu sisi ke sisi lainnya selama 30 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar